Searching...
Senin, 01 April 2013

Gunung Bawakaraeng

Gunung Bawakaraeng
puncak bawakaraeng



Gunung Bawakaraeng yang terletak di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. dilereng gunung ini terdapat wilayah ketinggian Malino, yang merupakan objek wisata terkenal disulawesi selatan secara ekologis Gunung Bawakaraeng ini memiliki posisi penting karna menjadi sumber penyimpanan air untuk wilaya perkampungan disekitarnya.

Gunung Bawakaraeng memiliki arti sendiri yang dipercayai oleh masyarakat yang tinggal dilereng Gunung Bawakaraeng,wilaya sekitar Gunung Bawakaraeng ini diyakini para sebagian masyarakat sebagai tempat bertemunya para Wali.para penganut keyakinan ini juga menjalankan ibada haji di puncak Gunung Bawakaraeng setiap musim haji dan melaksanakan sholat idul adha di puncak Gunung Bawakaraeng atau di puncak Gunung Lompobattang. dari itu Gunung Bawakaraeng disebut juga Gunung Mistis.
Gunung Bawakaraeng
Gunung Bawakaraeng ini memiliki tingkat ketinggian kurang lebih mencapai 2.705 mdpl.Dan menjadi areal pendaki para pencinta alam. Jalur pendakian ada 10 titik pos yang ditetapkan di Gunung Bawakaraeng,entah itu ditentukan oleh siapa ?.
 pendakian dimulai dari Desa Lembanna, medan yang dilewati merupakan perkebunan penduduk lalu hutan pinus dan untuk mencapai pos 1 dibutuhkan waktu perjalan kurang lebih 1 jam, pos 1 ini sudah mencapai ketinggian 1650 mdpl perjalanan terus hingga mencapai pos 2 diperlukan waktu ntidak lebih dari 1 jam perjalanan. disini terdapat mata air yang mengalir,perjalanan pun belum terlalu mendaki dan masuk vegetasi hutan khas sulawesi. untuk menuju pos 3,4,5 pun demikian.
pos 6 kepos 7 akan melewati hutan lebat dan perjalan  terus mendaki. diperkirakan jarak tempuhGunung Bawakaraeng poerjalanan memakan waktu sampai 2 jam. ketinggian di pos 7 ini berkisaran 2710 yang juga sering disebut puncak kedua Gunung Bawakaraeng.

pos 8 ke pos 9 mulai menanjak melewati hutan basah ,lebat dan berlumut. di pos 8 bisa ditemui air terjun atau atau biasa disebut telaga Bidadari. diperjalanan ini kita dapat melihat lokasi pasca longsor yang terjadi pada tahun 2004 silam. sampai pos 9 daerah yang cukup luas untuk mendirikan tenda dan bermalam guna mempersiapkan diri esok pagi menuju pos 10 yang merupakan pos terakhir sebelum sampai dipuncak Gunung Bawakaraeng.
pemandangan dipuncak Gunung Bawakaraeng termaksud puncak terindah di Sulawesi Selatan. tak heran jika setiap minggunya puncak Gunung Bawakaraeng didatangi pendaki khususnya pencinta alam di Sulawesi Selatan.
BPK Oi MarosGunung Bawakaraeng















sekilas tentang Gunung Bawakaraeng yang saya rangkum menjadi artikel. artikel yang sudah saya baca dan yang pernah saya jalani sendiri bersama BPK Oi Maros pada pendakian Gunung Bawakaraeng.

0 komentar:

Posting Komentar

terimah kasih atas kunjungannya

 
Back to top!