Searching...
Kamis, 04 April 2013

GUNUNG RINJANI

GUNUNG RINJANI

RINJANI
rinjani

Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl serta terletak pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur.

Gunung Rinjani secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten: Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat.

Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia setelah gunung Kerinci atau puncak ketiga tertinggi setelah puncak Jaya / Carstenz pyramid di Papua.

Gunung Rinjani juga merupakan Taman nasional dan terdaftar di UNESCO sebagai taman geologi di Indonesia. Di puncak gunung Rinjani anda akan melihat kaldera yang sangat besar (dengan luas sekitar 50 Km2) dengan danau (Segara Anak) dan gunung kecil (Gunung Baru) di tengahnya. Pemandangan di puncak sangatlah indah, cukup untuk membayar lelah perjalanan anda selama mendaki. Apabila anda cukup waktu dapat mencoba turun ke kawah & memancing. Di danau Segara Anak banyak terdapat ikan Mas & Mujair. Selain itu juga terdapat kolam air panas, cobalah berendam di kolam ini yang mungkin merupakan kolam air panas tertinggi di Indonesia. Suhu udara di puncak Rinjani sangat dingin, bisa mencapai 4 derajat Celsius.

rinjani
rinjani

Gunung Rinjani yang begitu indah ternyata juga terdapat sampah di sana - sini. Itu dikarenakan ramainya para pendaki yang ingin menjejakkan kaki ke puncak Rinjani, ataupun yang hanya sebatas ingin memancing di Danau Segara Anak. Kadang, turis dari luar negeri sangat antusias terhadap kebersihan lingkungan, namun malah banyak pendaki - pendaki dari Indonesia yang membuang sampah dengan seenak hati.




0 komentar:

Posting Komentar

terimah kasih atas kunjungannya

 
Back to top!