Searching...
Senin, 01 April 2013

SARANG SEMUT MERAUKE

SARANG SEMUT MERAUKE

sarang semut
SARANG SEMUT

Sarang Semut dengan nama imiah myrmecodia pendans merupakan tanaman yang didalamnya digunakan sebagai sarang semut. Didalamnya terdiri dari labirun yang digunakan semut sebagai liang untuk melakukan aktifitasnya. Meski sebagai tanaman yang tidak biasa namun khasiat pengobatan yang dimiliki sangat luar biasa.

Sarang semut diperkenalkan pertama kali di pedalaman Papua yang biasa digunakan sebagai obat oleh warga setempat selain buah merah. Tanaman ini diolah sebagai campuran bubur dan juga sebagi minuman dengan tujuan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu banyak juga yang menggunakan sebagi obat untuk berbagai penyakit dalam.

Sarang  Semut begitu agan & aganista mendengar kalimat ini pasti yang terlintas dipikaran agan sekalian adalah rumah yg berukuran super mini sesuai dengan ukuran semut itu sendiri. Tapi berbeda untuk sarang semut "Musamus" yg ada di Merauke, ukurannya sangat besar ratusan kali lipat dari ukuran semut. Tingginya bisa mencapai 5 meter lebih dan diameternya bisa mencapai 2 meter lebih dengan bentuknya yg berfariasi dan menjulang tinngi

Sarang semut tersembut menjadi daya tarik tersendiri untuk tempat wisata wasur. kalian bisa menikmati pemandangan sarang semut disepanjang perjalanan.
semut biasanya kita kenal sebagai  hewan yang biasa, yang nggak terlalu menarik.
Tapi di Merauke, semut-semut menghasilkan semacam 'karya' yang justru unik, menarik perhatian, terutama bagi orang dari luar Merauke.
Di beberapa tempat di Merauke, pemandangan gundukan sarang semut jadi hal yang unik. Termasuk salah satunya di sepanjang jalan trans Papua yang melalui Taman Nasional Wasur. Seperti apa sih penampakannya?
sarang semut
sarang semut
sarang semut



Sarang Semut atau Musamus, begitulah warga Merauke menyebutnya. Tapi sebenarnya ini bukan rumah atau sarang dari semut melainkan rumah atau sarang sejenis rayap.
Berbeda dari rayap biasa yg merupakan serangga pengganggu yg suka merusak berbagai jenis benda berbahan kayu bahkan rumah kita, di Merauke rayap hidup mandiri di hutan dan membangun rumahnya sendiri yaitu "Musamus".

0 komentar:

Posting Komentar

terimah kasih atas kunjungannya

 
Back to top!