Searching...
Rabu, 24 April 2013

WISATA MAROS

WISATA MAROS




1.    Taman Prasejarah Leang-leang

    Taman prasejarah Leang-leang terletak pada deretan bukit kapur/karts yang curam di Kelurahan Kallabirang Kecamatan Bantimurung yang dapat ditempuh sekitar 15 – 30 menit dari Bantimurung. Para arkeolog berpendapat bahwa beberapa goa yang terdapat di sekitar kawasan tersebut pernah dihuni manusia sekitar 3000-8000 tahun SM bukti keberadaan ini ditandai dengan lukisan prasejarah berupa gambar babi rusa yang sedang melompat, puluhan gambar telapak tangan yang ada pada dinding-dinding goa. Terdapat 5 buah telapak tangan manusia purbakala yang ditemukan di Goa Pettae, terdapat pula 32 bekas telapak tangan yang ditemukan di Goa Pettae. Selain lukisan prasejarah, juga terdapat benda laut berupa kerang yang menandai bahwa goa tersebut juga pernah terendam dan dikelilingi oleh laut.

2.     Situs Prasejarah Leang Akkarrasa Rammang-rammang


    Situs prasejarah leang-akkarrasaini menyimpan peninggalan prasejarah berupa dua buah gua yang terdapat lukisan prasejarah/kepurbakala-an pada dinding gua yang terdiri dari; lukisan cakra 3 buah, lukisan babi rusa 3 ekor, lukisan ikan 1 ekor dan lukisan perahu 1 buah. Situs prasejarah ini terletak di Desa Salenrang Kecamatan Bontoa.

3.    Kompleks Makam Kassi Kebo
  


    Kompleks Makam Kassi Kebo merupakan tempat penguburan Karaeng Marusu dan keluarganya. Lokasi ini berada di Jl. Taqwa Kelurahan Baju Bodoa Kecamatan Turikale.

4.     Kompleks Makam Karaeng Simbang

    Kompleks Makam Karaeng Simbang adalah tempat penguburan Karaeng Simbang dan keluarganya. Makam ini berada di Desa Samangki Kecamatan Simbang.

5.     Bangunan Pertahanan Jepang

  

    Bangunan Pertahanan Jepang ini berada di Kampung Sanggalea Kecamatan Mandai. Bangunan ini berbentuk terowongan bawah tanah yang terbuat dari cor beton dibangun pada tahun 1942.

6.      Pendopo Pallantikang Karaeng Marusu

    Pendopo Pallantikang Karaeng Marusu merupakan tempat pelantikan Karaeng Marusu pada masa kerajaan. Tempat ini berada di Kelurahan Pallantikang Kecamatan Turikale.

7.     Rumah Adat Karaeng Loe Ripakere

    Rumah adat ini dahulunya adalah istana raja Marusu pertama Karaeng Loe Ripakere sekitar abad XV. Rumah adat ini berada di lokasi Desa Pakere Kecamatan Simbang yang merupakan salah satu rumah adat yang ada di Kabupaten Maros.

0 komentar:

Posting Komentar

terimah kasih atas kunjungannya

 
Back to top!